Translate

Senin, 24 September 2012

Menikahi Orang Gila


Cerita Sore....

 " Pak, saya kan orangnya jelek dan miskin, trus ada seorang wanita anak tunggal yang gila, siapakah walinya jika saya akan menikahinya? "

 tak jawab ngene...

 sampean iki gimana sih kok mau-maunya menikah dengan wanita yang gila...

 dengan entengnya dia menjawab " dia kaya loh pak, disamping itu cantik juga, kasihan dia pak..."

 tak tanya lagi....

 orang tuanya (bapaknya) masih ada?

 dia jawab " itu dia masalahnya pak, disamping anaknya gila bapaknya pun juga gila..."

 tak jawab ngene...

 oalah kok yo cek nemene awakmu iku... apa karena dia kaya dan cantik sampean sampean mau menikah dengan orang gila?

 yo wes ngene wae lah....
 seorang perempuan yang gila cuma bisa dinikahkan oleh bapak atau kakek meski hanya untuk alasan kemaslahatan, sementara wali hakim hanya bisa menikahkan berdasar kebutuhan. Bila wali bapaknya juga gila, maka otomatis wali harus berpindah kepada kerabat dekat dengan izin hakim/sulthon..

 المَجْنُونَةُ فَيُزَوِّجُهَا الأَبُّ وَالجَدُّ وَلَو لِلْمَصْلَحَةِ وَهِيَ إِحْتِيَاجُهَا لِنَحْوِ النَفَقَةِ أَوِ الكِسْوَةِ أَمَّا الحَاكِمُ فَلاَ يُزَوِّجُهَا إِلاَّ للحَاجَةِ وَهِيَ ظُهُورُ القَرَائِنِ بِطَلَبِهَا للزَّوجِ...إِلَى أنْ قَالَ أَمَّا المَجْنُونَةُ فَيُزَوِّجُهَا لَكِنْ يَمْتَنِعُ تَزْوِيجُهَا عَلَى غيْرِ الأَبِّ وَالجَدِّ

 Wanita yang gila maka bapak dan kakek yang menikahkannya meski hanya karena kemaslahatan yaitu agar kebutuhan nafakah dan pakaiannya tercukupi, adapun hakim tidak dapat menikahkannya kecuali karena kebutuhan yaitu nampaknya tanda-tanda wanita itu ingin menikah… sampai pada pernyataan : Adapun wanita yang gila maka dapat menikah tetapi tidak dapat menikahkannya kecuali bapak dan kakek. (Zaitunah al Ilqah hal 141)

 eh,,,, dia malah ngakak sambil berkata " maaf pak, dia dan bapaknya bukan gila dalam arti sebenarnya tapi maksudnya adalah gila karena menyukaiku yang jelek dan miskin sedangkan dia cantik dan kaya, GILA kan dia pak....wkwkwkwkwk..."

 oalah kampret tenan..........hahahaha

 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India