Translate

Senin, 24 September 2012

AQIDAH ASWAJA AN NAHDLIYAH

Spirit Ajaran Asy’ariyah dan Maturidiyah

Munculnya Asy’ariyah dan Maturidiyah merupakan upaya pendamaian antara kelompok Jabariyah yang fanatic dan Qadariyah (yang dilanjutkan oleh Mu’tazilah) yang mengagung-agungkan manusia sebagai penentu seluruh kehidupannya. Sikap moderatisme terhadap keduanya merupakan ciri utama dari kaum Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dalam beraqidah....

Sikat tawasuth ini diperlukan dalam rangka untuk merealisasikan “ amar ma’ruf nahi munkar “ yang selalu mengedepankan kebajikan secara bijak. Yang prinsip bagi Aswaja adalah berhasilnya nilai-nilai syari’at Islam dijalankan oelh masyarakat, sedangkan cara yang dilakukan harus menyesuaikan dengan kondisi dan situasi masyarakat setempat.

Aswaja menolak ajaran-ajaran aqidah yang dimiliki garis keras. Seperti Mu’tazilah yang memaksakan ajarannya kepada orang lain dengan cara keras. Apabila orang lain tidak sepaham, dituduh musyrik dan harus dihukum, Contoh kasus mihnah. Pada kasus itu, pemaksaan orang-orang Mu’tazilah kepada kaum muslimin untuk mengakui bahwa al Qur’an itu baru atau huduts. Karena itu, apabila ada kelompok-kelopmpok garis keras yang suka menyelesaikan persoalan kemungkaran public dengan kekerasan dan pemaksaan bahkan dengan pengrusakan, itu bukanlah tabiat kaum Aswaja an Nahdliyah.

Ajaran Aswaja juga menolak kelompok-kelompok yang menutup diri dari golongan mayoritas kaum Muslimin (jama’atul muslimin). Seperti yang ditunjukkan oleh kelompok Syi’ah dan Khawarij. Sekarang ada kelompok tertentu seperti LDII, dan sebagainya yang selalu menutup diri dari mayoritas ummat Islam, itu bukanlah tabiat kaum Aswaja an Nahdliyah. Sebab kaum Aswaja adalah kaum yang selalu diikuti oleh masyoritas dan dapat menerima masukan-masukan dari dalam dan luar untuk mencapai kebaikan yang lebih utama.

Prinsipnya adalah AL MUHAFAZHATU ‘ALAL QADIMISH SHALIH WAL AKHDZU BIL JADIDIL ASHLAH (Melesatarikan hal lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik)

Disarikan dari buku Aswaja An Nahdliyah LTN_NU Jawa Timur
Salam Lintang Songo


https://www.facebook.com/photo.php?fbid=398628300152487&set=a.339404839408167.104534.338089252873059&type=3

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India