Translate

Minggu, 05 Mei 2013

Keutamaan mengawali aktivitas dengan basmalah

oleh: Nashihuddin Asy'ary


Edisi Hebatnya Guru Kita 1
 
Menilik kebiasaan mbah Maskur Kalijogo Rosyadi.
Beliau selalu memberikan wejangan tulisan selalu diawali dg BASMALAH.
Ada banyak alasan kenapa beliau memulainnya dengan BASMALAH

1. Melaksanakan perintah Nabi, BASMALAH adalah kalimat pertama yg dtulis AL QOLAM jika menulis sesuatu awalilah dg BASMALAH karena ia pembuka setiap kitab yg diturunkan.
2. Mbah Masykur selalu mengajak kita untuk membaca BASMALAH, sesuai dg hadist Nabi : Jika kalian menulis maka awalilah dengan BASMALAH, dan jika telah dtulis maka bacalah.

3. Mbah Masykur mengajak kita untuk selalu memiliki keagungan akhlak, Nabi berpesan " TAKHOLLAQUU BIAKHLAAQILLAH " berakhlaqlah kalian dengan akhlaq Allah " dan membaca BASMALAH merupakan yg diajarkan kepada Nabi sebelum memulai sesuatu " IQRO' BISMI RABBIKAL LADZI KHOLAQ " bacalah dg menyebut Tuhan-mu yg telah menciptakan..
4. Mbah Masykur tahu kalau dg BASMALAH semuanya akan lebih barokah, sesuai dg Hadits Riwayat Imam Abu Dawud yg arti bebasnya " Segala kebaikan yg tidak diawali dengan BASMALAH maka terputuslah barokahnya atau berkuranglah barokahnya jika ada atau seditlah berokahnya"
 5. Mbah Masykur memberitahu kepada kita bahwa dalam BASMALAH terdapat pertolongan Allah kepada hamba-hamba_Nya dari bencana gangguan musuh yang teramat halus yaitu setan agar selamat dr gangguanya dg menebarkan rasa was-was

6. Mbah Masykur mengajari kita dg selalu membaca BASMALAH agar kita yang selalu melakukan maksiat baik yg tersembunyi (tersirat), secara nyata (blak-blakan), siang hari maupun malam hari dapat ampunan Allah sebab barokahnya BASMALAH.

7. Mbah Masykur mengajari kita untuk lebih memahami makna dibalik BASMALAH, seperti makna BA' sebagai BAROATULLAHI LIAHLIS SA'ADAH (pembebasaan dr siksa/kemurkan Allah untuk orang-orang yang beruntung/selamat

8. Mbah Masykur mengajari kita dg SIN dikalimat BASMALAH yg berarti SATRULLAHI 'ALA AHLIL JUHHALAH agar kita tidak membuka dan membeberkan aib saudara kita dan menyelamatkan kita dari omongan orang-orang bodoh yg menyudutkan/merusak agama kita.

9. Dengan huruf mim dikalimat BASMALAH, Mbah Masykur memberitahukan kita MAHABBATUHU LIAHLIL ISLAM, cinta Allah untuk orang Islam begitu besar dan luar biasa, alangkah naifnya jika kita menebar kebencian sesama muslim karena sesama muslim adalah bersaudara dan tegakah kita menggunjing saudara kita sendiri yg diibaratkan memakan bangkainya?
YA AMANAL KHOIFIN SALLIMNA MIMMA NAKHOF.... Amin
 
 
 


10. Mbah Masykur mengiginkan kita semua agar mendapatkan makna dari ALIF dalam BASMALAH yg berarti ULFATUHU (kasih sayang_Nya)
Irhamna Ya Arhamar Rohimin
...


11. Dengan LAM dalam Basmalah, mbah Masykur mengisyaratkan kpd kita untuk berlaku lemah lembut, halus budi pekerti, indah dalam bersikap sesuai dg huruf LAM yg berarti LATHAFATUHU, kelembutan, kehalusan dan keindahan Allah akan diberikan kepada orang yg memiliki akhlaq yg baik.

Allahumma ahsin khuluqona kama ahsanta kkolaqona

Ya Allah baguskan/indahkan akhlaq kami sebagaimana Engkau baguskan/indahkan bentuk tubuh/jasad kami. amin
 


12. Huruf HA' dalam BASMALAH berarti HIDAYATUHU, Mbah Masykur mengajari kita agar selalu membaca BASMALAH supaya hidayah Allah tercurah selalu kepada kita dan kita selalu merasa dekat dengan-Nya. Tak jarang kita sering merasa jauh dg Allah meskipun ilmu kita terus bertambah.

IHDINASH SHIRATHAL MUSTAQIM
(Ya Allah tunjukkan kami jalan yg lurus)
SHIRATHAL LADZINA AN'AMTA 'ALAIHIM
(yaitu jalan orang-orang yg Engkau beri nikmat kepada mereka)
GHOIRIL MAGHDHUBI 'ALAIHIM WALAD DHOOOLLIN


13. RO' dalam BASMALAH bermakna RIDHWANHU 'ALAS SABIQIN WAT TAIBINA, mbah Masykur membimbing kita secara tidak langsung untuk selalu bertobat dan membaca istighfar agar kita selalu mendapat keridhoan Allah swt.

Dzunubi mitslu a'dadir rimali
(dosaku sebanyak hitungan pasir)
Fahabli taubatan Ya Dzal Jalali
(maka terimalah taubatku Wahai Dzat Yang Maha Agung)


14. Mbah Masykur mengajari kita untuk selalu membaca BASMALAH agar kasih-sayang Allah dapat kita raih sehingga Dzat Yang HALIM (Maha Penyantun) menyantuni kita yg penuh dengan lumuran dosa. WAL HA' HILMUHU 'ALAL MUDZNIBIN.... itulah yg ingin diajarkan mbah Masykur pada kita.

YA HALIM... Ighfir dzunubana al-'azhim.... (wahai Dzat Yang Maha Penyantun, ampunilah dosa-dosa besar kami) amin


15. Mbah Masykur mengajak kita selalu membaca BASMALAH supaya kita mendapatkan makna MIM yang berarti MINNATUHU 'ALAL MUKMININ karunia Allah untuk orang-orang mukmin...

Ya Rabbana Ij'alna min 'Ibadikash Shalihin
Ya Tuhan kami.... jadikan kami sebagian dari kelompok hamba_Mu yg shalih.... amin


16. NUN dalam BASMALAH berarti NURUL MA'RIFATU FIDDUN_YA (cahaya ma'rifat di dunia), mbah Masykur mengajak kita untuk lebih mengenal Allah, karena sangat aneh ketika kita tidak mengenal Tuhan kita. Selain itu makna NUN adalah Nurut Tho'ati Fil 'Uqba (cahaya keta'atan besok di akhirat) mbah Masykur ingin besok di akhirat kita memiliki tanda ketaatan, oleh kerenanya kita dituntun untuk selalu membaca BASMALAH. Kedua cahaya tersebut diberikan kepada hamba-hamba_Nya yg bertaqwa (muttaqin

17. YA' dalam BASMALAH bermakna YADULLAHI LIAHLIL ISLAM ay HIFDHUHU. Mbah Masykur mengajari kita dg selalu membaca BASMALAH agar Allah selalu menjaga keislaman kita sampai akhir hayat/nafas terakhir. Artinya dengan kebiasaan membaca BASMALAH dalam segala hal kebajikan dapat memberikan keberkahan umur kita yg nantinya berujung HUSNUL KHOTIMAH. Itulah yg diimpikan Mbah Masykur, agar kita sebagai santrinya yg bertemu di dunia maya, berjumpa di dunia nyata dan masuk surga secara bersama...
Amin.


support: channel army

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India